Pengen bikin merchandise untuk promosi? Baca ini dulu!

Kalau mau pakai merchandise untuk sarana promosi ke orang awam, udah bukan jamannya lagi kamu pakai cara lama. Cara lama maksudnya gimana nih? Cara lama maksudnya hardsell. Pernah tau ngga misal kamu lagi jalan di mall, terus dikasi brosur-brosur yang mungkin produk yang dijual itu bukan produk yang kamu butuhkan. Akhirnya, brosur-brosur itu cuma berakhir di tempat sampah. Mubazir banget kan kalo seperti itu. Ada juga yang caranya lewat bikin kaos, tapi bikin kaos asal jadi aja. Kaos dengan bahan murahan, dibuat secara massal, dengan gambar yang asal-asalan juga, dibagikan ke banyak orang tanpa melihat dia siapa. Kalau menurutku sih, cara ini udah ngga relevan lagi, apalagi untuk sebuah brand.

Kenapa? Bayangin aja. Kalau kita ingin PDKT dengan orang lain, masa dari ngga kenal tiba-tiba langsung dikasi barang? Semua itu ada prosesnya. Bisa sih, kita promosi via merchandise, tapi caranya udah beda. Berikut ini beberapa cara yang bisa dipakai.

  1. Bagikan merchandise secara gratis di event yang sesuai target market bisnismu. Contohnya nih. Kamu punya bisnis kopi kekinian. Kamu bisa buka booth kopi di event-event anak muda, misalkan pop up market dan sejenisnya. Selanjutnya, kamu bisa bagi-bagi merchandise yang sesuai dengan brandmu, baik dari desain, jenis produk, dan target market. Contohnya nih, kalau bisnismu target marketnya anak muda, dan merchandisemu berupa pin, itu masih oke, karena biasanya yang suka item seperti ini memang anak muda. Selanjutnya, buatlah pin dengan desain unik, yang menunjukkan identitas brand.
  2. Bagi-bagi merchandise hanya untuk customer yang sudah pernah membeli produkmu. Anggap saja sebagai hadiah untuk mereka, misalkan setiap customer itu ulang tahun, kita bisa berikan gift berupa merchandise. Dengan adanya merchandise, maka akan meningkatkan hubungan sebuah brand dengan customer.
  3. Merchandise menjadi bonus item untuk customermu saat belanja. Maksudnya gimana nih. Misalkan, kamu berjualan bahan-bahan organik. Nah, kamu bisa menjadikan ini bonus, misalkan dengan contoh, belanja minimal 300rb dapat gratis totebag. Ini juga cukup bagus untuk digunakan. Apalagi kalo target marketnya emak-emak, yang biasanya tertarik sama bonus-bonus seperti ini heheheā€¦

Nah, udah kebayang kan gimana caranya promosi via merchandise? Jadi, jangan asal-asalan, karena bikin merchandise itu juga ngga murah. Buat sekeren mungkin biar bisnismu benar-benar mengena di hati calon buyer / buyermu.

 

Posted in

annemerch

Leave a Comment